top of page

Digilabs 2020

Hi, Nama saya Rania Amanda, Siswi SMP Labschool Jakarta. Pada blog ini, saya akan menceritakan Pengalaman saya mengikuti Acara Digital Labs dan Dialog Interaktif. Digilabs atau Digital Labs adalah kegiatan tahunan sekolah yang diinisiasikan oleh POMG SMP Labschool Jakarta untuk siswa kelas 7, 8, dan 9 dengan tujuan agar siswa mempunyai ilmu dan insight yang dalam mengenai teknologi di era digital 4.0 ini. Topik-topik yang biasanya dibawakan seputar dunia Gadget, Perfilman, Computer Science (Coding), Social Media, dan Kreasi Digital. Tema yang diusung dalam Digital Labs tahun ini adalah "Teen & Tech : Navigating Digital Landscape."


Pada pagi hari, 29 September 2020, Acara dimulai dengan sambutan dari Bapak Sofyan Hanif selaku Kepala BPS SMP Labschool Jakarta dan Bapak Asdi Wiharto selaku Kepala SMP Labchool Jakarta dilanjut dengan sambutan dari perwakilan POMG SMP Labschool Jakarta, Ibu Dayu. Pada jam 7 hingga jam 9 acara Dialog Interaktif untuk kelas 8 dan 9 dimulai dan Ceramah Umum untuk Kelas 7 dengan narasumber Kak Firman Ramdhani yang berbicara mengenai Kesehatan Mental di masa pandemi, Kak Firman sendiri merupakan Psikolog yang merupakan Lulusan dari Fakultas Psikologi UI. Siswa antusias bertanya dan turut mendengarkan materi yang dibawakan oleh Kak Firman Ramdhani.


Setelah istirahat, disambung dengan acara Digital Labs dengan 2 narasumber untuk kelas 8, yaitu Kak Ninin Musa yang merupakan seorang Producer Film. Film yang beliau produksi merupakan film-film layar lebar seperti, The sacred Riana, Galih & Ratna, 22 Menit, dan yang lainnya. Kak Ninin Musa menayangkan video bagaimana sebuah film dan animasi nya dibentuk. Proses nya begitu panjang, mulai dari Pre - Production, bagaimana sutradara, producer, dan penulis cerita berdiskusi untuk bisa mengaplikasikan ide dan imajinasi yang terbentuk di buku dan dituangkan ke dalam audio-visual atau film. Lalu, membuat script atau naskah dan menentukan pemain. shooting yang menghabiskan waktu yang lama. hingga proses editing yang dibutuhkan CGI, Animasi yang berlapis, color grading, dubbing, audio. Proses pembuatan film membutuhkan solidaritas antar pemain dan crew, Feel dari hati yang dimainkan oleh aktor/aktris, dan kerja keras.


Bagi saya sendiri, setelah mendengar materi dari Kak Ninin Musa, Film itu lebih dari sekedar visual yang apik dilengkapi dengan audio yang menarik. Film itu butuh rasa yg kuat antar pemainnya agar pesan yang disampaikan benar-benar sampai ke hati penontonnya, ada lagu soundtrack yang melengkapi dan menggambarkan suasana dalam film tersebut, ada solidaritas dan rasa saling memiliki antar crew dan pemain yang membuat setiap tahapan production berjalan, ada imajinasi yang dituangkan untuk bisa dinikmati oleh semua orang, ada suasana yang membuat penonton terhanyut ketika melihatnya, ada permainan warna, musikal, tarian, bahkan latar dari film. Saya juga yakin, Industri perfilman di Indonesia bisa semakin maju dan bisa bersaing di kancah dunia.




Pembicara kedua yaitu Kak Adez Aulia yang merupakan seorang Praktisi Online dan Social marketing, disini Kak Adez menjelaskan bagaimana cara kita bisa memanfaatkan social media dengan sebaik-baiknya untuk hal-hal yang bermanfaat. Seperti sekarang ini, di tengah wabah pandemi, Banyak teman-teman kita yang memanfaatkan platform instagram sebagai salah satu tempat untuk berjualan produk-produk yang dapat menambah pemasukannya. bagaimana cara kita mempromosikan dan dapat berkreasi di platform seperti Instagram, Youtube, Twitter, Canva, Dll.







Dialog Interaktif dan Digilabs ini sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman saya. Semoga kelak kami dapat mengaplikasikannya ke dalam dunia nyata dan berkarya untuk memjajukan bangsa ini kedepannya. Aamiin Ya Rabbal Aalamiin. Terimakasih sudah membaca, nantikan Blog Post selanjutnya di Laman website saya.







Recent Posts

See All

Isra Mi'raj

Momentum Isra Mi'raj di kalangan umat islam tentu sangat penting! Hari dimana Nabi Muhammad SAW. melakukan perjalanan spiritual dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjidil Aqsa di Jerusalem dan mela

Invita 2021

Invita di SMP Labschool Jakarta bisa dibilang sebagai salah satu progran yanng paling ditunggu-tunggu siswa/i kelas 8, acara dimana siswa melakukan wisata edukasi yang destinasi nya ke Jogjakarta. Den

Rangkuman Bab 4

Berpikir Komputasional dan Praktik Lintas Bidang Menerapkan Berpikir Komputasional Empat pendekatan untuk memahami, menganalisis, dan mendapatkan solusi. Yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi,

Hi, thanks for stopping by!

Thank you for reading my Blog Post! Hope you enjoy and get benefit. Don't Forget to Subscribe, So you'll Get notification for my upcoming post.

Let the posts
come to you.

Thanks for submitting!

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
42C08A27-97B5-4797-BFB1-440699796C51_0.j
bottom of page