top of page

Peringatan Maulid Nabi dan Loketa - Bulba

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera bagi kita semua. Perkenalkan, Nama saya Rania Amanda, selamat datang di Blog saya. selamat membaca ;)


Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap tanggal 12 Rabiul Awwal. Di hari itulah, lahir baginda besar kita, Muhammad SAW. Yang menjadi teladan bagi seluruh ummat di dunia ini. Semoga kelak di akhirat nanti kita bisa mendapatkan syafaat dari beliau. Aamiin Ya Rabbal Alaamiin. Tahun ini, SMP Labschool Jakarta menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dengan mengundang ustadz yang sekaligus penceramah, yaitu Ustadz Usaid Rahman. Di Awal sesi, Ustadz Usaid Rahman mengajak seluruh siswa untuk Bershalawat kepada Nabi Muhammad, agar acara Maulid Nabi tahun ini menjadi berkah.


Ustadz Usaid Rahman membawakan materi mengenai Keistimewaan Umat Nabi Muhammad SAW. Beberapa Aspek dari keistimewaan Umat Nabi Muhammad, diantaranya terdapat Amalan yang ringan untuk kita kerjakan tapi akan berat di timbangan amal, yaitu Beribadah dan berbuat baik di Malam Lailatul Qadr, yang pahala nya lebih baik dari 1000 bulan. Beribadah Haji atau Umroh ke Baitullah (Makkah), Allah janjikan akan menghapus dosa hamba nya, Memberikan limpahan pahal ketika shalat di Masjid Nabawi dan Masjidil Haram. Dan Membaca juga mengamalkan Al-Quran Al Karim. yang setiap hurufnya dikalikan 10x lipat pahala. Masya Allah Tabarakallah.




Setelah selesai kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diisi oleh ceramah dari Ustadz Usaid Rahman, selanjutnya yaitu Pelaksanaan Kegiatan Lomba Bulba (Bulba) dan Loketa (Lomba Keterampilan Agama) yang diselenggarakan oleh OSIS SMP Labschool Jakarta. Tema Bulba tahun ini adalah "Membentuk Pribadi yang Aktif, Kreatif, Dan Berkarakter ditengah Pandemi." Lomba - Lomba Bulan Bahasa umumnya terkait dengan bidang kebahasaan. yaitu, Pidato, Debat, Puisi, E - Poster, Cerpen, dan Fotu. Di Loketa, lomba - lomba nya terdapat Komik Strip, Dai/Dai'yah, Adzan, MTQ, Tahfidz, dan Kaligrafi.


Lomba dilaksanakan dalam room zoom yang berbeda-beda, dengan waktu secara bersamaan. Lomba yang bersifat Performance seperti Adzan, Puisi, Dai/Daiyah, Pidato dan Debat dapat ditonton oleh siswa lainnya dan terdapat supporter yang akan meramaikan tiap room zoom. Lomba Puisi, Pidato, Azan, dai/daiyah berjalan dengan lancara dengan penampilan Spektakuler dari Siswa/Siswi SMP Labschool Jakarta. Terkhusus lomba debat dilaksanakan di Room Zoom angkatan yang juga disiarkan Live di Youtube dan sangat ramai ditonton. Lomba berlangsung secara seru, menguras pikiran, dan pastinya menambah wawasan dan sudut pandang baru baik bagi penonton maupun para peserta lomba.


Topik Topik lomba debat tahun ini, rata-rata yg sedang hangat dalam perbincangan masyarakat, muali dari Penghapusan Ujian Nasional (UN) oleh Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim hingga Kontroversi Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka di Bulan Januari 2021. Siswa - siswi peserta lomba debat memikirkan Plus Minus, dan Pro Kontra secara matang untuk menjadi Bahan Argumentasi.




Topik - topik mengenai kebijakan pemerintah ini, yang nanti nya akan merasakan dampak nya, ya kita sebagai siswa, diharapkan ini akan membuka sudut pandang baru, tidak hanya dari satu perspektif saja, tetapi juga perspektif lain dari suatu permasalahan, Juga mendorong anak - anak remaja seperti kita untuk bisa berpikir secara kritis dalam menanggapi suatu permasalahan dan memberikan solusi.


Sekian tulisan saya. Terimakasih teman-teman yang sudah membaca!




Recent Posts

See All

Isra Mi'raj

Momentum Isra Mi'raj di kalangan umat islam tentu sangat penting! Hari dimana Nabi Muhammad SAW. melakukan perjalanan spiritual dari Masjidil Haram di Mekkah menuju Masjidil Aqsa di Jerusalem dan mela

Invita 2021

Invita di SMP Labschool Jakarta bisa dibilang sebagai salah satu progran yanng paling ditunggu-tunggu siswa/i kelas 8, acara dimana siswa melakukan wisata edukasi yang destinasi nya ke Jogjakarta. Den

Rangkuman Bab 4

Berpikir Komputasional dan Praktik Lintas Bidang Menerapkan Berpikir Komputasional Empat pendekatan untuk memahami, menganalisis, dan mendapatkan solusi. Yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi,

Hi, thanks for stopping by!

Thank you for reading my Blog Post! Hope you enjoy and get benefit. Don't Forget to Subscribe, So you'll Get notification for my upcoming post.

Let the posts
come to you.

Thanks for submitting!

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter
  • Pinterest
42C08A27-97B5-4797-BFB1-440699796C51_0.j
bottom of page